musikalisasi puisi

Pengertian Musikalisasi puisi

Musikalisasi puisi adalah puisi yang di nyanyikan sehingga seorang pendengar yang  kurang paham menjadi paham, yang tidak bisa menggambarkan sebuah isi puisi bisa atau isi puisi tersebut. Dengan mengkoloborasikan antara sastra dan musik.




1)      Musikalisasi Puisi Murni (Versi Penyanyi)
Musikalisasi murni adalah pengubahan puisi menjadi syair lagu tanpa mengikutsetakan pembacaan puisi. Pementasan puisi dengan cara benar-benar menampilkan sebuah lagu, dan puisi hanya berperan sebagai syair lagu. Perbedaan lagu hasil musikalisasi dan lagu yang diciptakan bukan dari puisi tidak terlalu kelihatan. Hanya perbedaan isi syair dan kedalaman maknalah yang membedakan syair puisi dan syair nonpuisi. Model musikalisasi puisi semacam ini sebenarnya telah tumbuh lama. Syair-syair lagu yang dibawakan oleh BIMBO sebagian merupakan puisi-puisi ciptaan Taufiq Ismail. Misalnya saja lagu Panggung Sandiwara dan Sajadah Panjang. Model musikalisasi ini semakin terangkat pamornya ketika muncul musikalisasi puisi Aku Ingin karya Sapardi Djoko Damono.
 
2)      Musikalisasi Puisi Versi Sastra (Versi Pemain Teater)
Musikalisasi puisi versi sastra adalah pembacaan puisi yang diiringi oleh permainan alat-alat musik. Pementasan puisi dengan cara pembacaan puisi tanpa dinyanyikan, tetapi selama pembacaan puisi ada backsound live permainan alat musik seperti biola, gitar, atau alat musik lainnya. Jelas bahwa fokus utama musikalisasi puisi versi ini adalah keahlian olah vokal pembacaan puisi. Model musikalisasi seperti ini sudah tumbuh lama di dunia pementasan karya sastra dan teater.

3)      Musikalisasi Puisi Campuran (Kombinasi)
Musikalisasi puisi campuran adalah kombinasi musikalisasi jenis murni dan versi sastra. Pementasan puisi dengan perpaduan pembacaan puisi dan nyanyian. Porsi pembacaan dan nynyian bergantung ketepatan apresiasi dan kenyamanan melodisasi terhadap puisi.

C.     Musikalisasi Puisi yang Ideal
Musikalisasi puisi yang ideal adalah musikalisasi hasil kolaborasi antara aliran seni musik dan aliran seni sastra secara proposional dan bernilai tinggi, sehingga menghasilkan harmonisasi yang tepat.
Musikalisasi puisi harus tercermin keindahan nyanyian dan keindahan pembacaan puisi. Kolaborasi lagu dan pembacaan puisi dapat diciptakan jika suasana puisi dapat diapresiasi dengan baik oleh pembaca puisi dan pencipta lagu. Jika dapat diapresiasi dengan baik maka akan terpancar kualitas puisi sekaligus kualitas musikalnya.
Musikalisasi puisi sudah menjadi sebagian dari sastra dan seni,

Cara proses dari puisi menjadi Musikalisasi puisi :

  1. Baca Puisi.
  2. Pahami isi puisi
  3. jika sudah mengetahui isi puisi, coba mencari nada sesuai isi puisi (nada sedih, senang, kemerdekaan dll)
  4. setelah melakukan kedua tersebut satukan puisi yang kita baca dengan musik.
  5. Musik harus sesuai dengan isi puisi agar pendengar paham dengan isi puisi karna itulah tujuan Musikalisasi puisi.
 Beberapa situasi pemahaman atas musikalisasi adalah sebagai berikut:
  • bahwa dalam musikalisasi puisi tidak boleh ada orang membaca puisi, jika ada pembacaan puisi, maka itu bukan musikalisasi puisi;
  • bahwa dalam musikalisasi puisi boleh saja ada orang membaca puisi, sebab tidak semua kata-kata dalam puisi bisa dimusikalisasikan;
  • bahwa orang membaca puisi diiringi alat musik bukan musikalisasi puisi; dan
  • bahwa orang membaca puisi diiringi alat musik juga merupakan kegiatan musikalisasi puisi
contoh video musikalisasi puisi


Comments

Popular Posts